Kuliah Teknik Jalan Rel

Kuliah Teknik Jalan Rel adalah salah satu mata kuliah pilihan di Semester 8 Jurusan Teknik Sipil ITS. Namun saya baru mengambil kuliah ini di semester 9 (Insya Allah semester akhir saya di kampus ini). Awalnya saya mengambil kuliah ini untuk saya gunakan sebagai basic knowledge untuk melanjutkan study S2. Namun sayangnya, di tengah perjalanan saya harus nge-del (membatalkan,pwh) mata kuliah ini demi alasan keamanan pengerjaan Tugas Akhir saya yang semakin mendekati tanggal deadline. Dengan sangat berat hati, maafkan saya Pak Himawan (dosen ahli TJR saya). Dan untukmengenang apa yang telah saya dapatkan beberapa minggu di bangku perkuliahan tentang teori Teknik Jalan Rel ini. Blog ini akhirnya yang saya jadikan pelarian. Saya harap dengan cara ini bisa senantiasa ingat teori2nya sekaligus berbagi info dengan teman2 blogger. Happy Reading🙂

rel dan KA      persimpangan rel

Sebelum kita berbicara mengenai Teknik Jalan Rel, maka kita harus memahami dahul apakah Rel itu sendiri. Menurut definisi yang saya dapatkan di kuliah ini, Rel adalah pijakan tempat menggelindingnya roda Kereta Api dan berfungsi untuk meneruskan beban roda ke bantalan. Bahan yang dipakai dalam pembuatan Rel sendiri antara lain : Carbon 0,4-0,82% ; Silicca 0,05-0,5% ; Mangaan 0,6-1,7% ; Phosporus 0,05% max ; Sulfur 0,05% max. Untuk saat ini standard internasional rel yang banyak digunakan di Indonesia masih menoleh pada JIS (Japan Industrial Standard). Tergantung proyek jalan rel yang terkait bekerja sama dengan negara mana.

Bentuk rel didesain sedemikian rupa agar dapat menahan momen rel sehingga dibentuk sebagai batang berbentuk profil I. Dibagi berdasarkan bentuknya, rel terdiri atas 3 macam, yaitu ; Rel berkepala dua (double bullhead rails), Rel beralur (grooved rails), dan Rel Vignola (flat bottom rails) 

bagian rel

bagian rel

 Disajikan secara melintang, bagian rel pada gambar di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :a. Kepala Rel (Head) yang dirancang sesuai dengan bentuk permukaan bandasi roda untuk memperoleh kombinasi kualitas perjalanan yang baik dengan kontak minimum. b. Badan Rel (Web) yang dirancang untuk menghasilkan kuat geser yang cukup untuk melindungi kerusakan khususnya di sekitar lobang sambungan rel. c. Kaki Rel (Foot) yang dirancang untuk memberi kestabilan akibat guling dan bidang untuk penambat, dengan bidang dasar yang datar untuk distribusi beban yang merata ke bantalan.

rel R60           rel patahan

 Rel yang digunakan di Indonesia menggunakan standar UIC dengan Standar: Rel 25 , Rel 33, Rel 44, Rel 52, dan Rel 60. Angka ini menunjukkan berat rel per 1meter panjang.

bagian rel

bagian rel

                                 

10 responses to “Kuliah Teknik Jalan Rel

  1. Halo sar, salam kenal..btw saya bayu anak T.Sipil UNDIP Smg..masih Smester 8..keren ni rel nya..
    tapi boleh minta tolong g di tampilin gambar lengkung peralihan untuk jalan rel?..ada tugas Gambar ni..mohon bantuannya ya…Thanks.Gusti Mberkahi..

  2. assalamuaikum mbak sari…
    aku putri, anak sipil its angkatan 2008..
    masih baru nih….
    mau bilang makasih buat info rel nya,,
    buat tugas ibb nya bu diah niy…..
    sukses TA nya ya..

  3. salam sari,
    tolong, saya butuh info tentang tenaga ahli untuk proyek rel kereta api,
    untuk engineering dan subway inpector untuk projec rel kereta api,
    saya sudah coba cari info di berbagai milis, tapi belum dapat
    lokasi projec di malaysia,

    fasilitas standarf profesional,

    thx atas infonya
    syaikhul_alim@yahoo.com

  4. wah maksih ya ats infonya…. aku nak t.sipil semster 3. universitas teknologi yogyakarta. sukses ya. GBU….

  5. makasih info nya… aku anak UMS T.sipil 06.

  6. halo sar….numpang tanya.
    sy jg mantan Sipil ITS ang. ’99. mo minta tolong sama sari ato siapa aja yang bisa mbantu ngasi referensi metode kerja pekerjaan culvert yang melintasi jalan rel. jadi kya’nya harus pake temporary track sepanjang sepanjang lebar culvert (lebar culvert = 2m, dengan beda tinggi rel dgn dasar culvert 9m). klo sari ato siapa aja yang bisa bantu tolong diemail ke m.faizal.st@gmail.com. tengkyu bifor

  7. untuk buat boc culvert di jalan ka. kita harus pasang terlebih dahu rel Bendel 3553. kemudian untuk temporary track kita taruh H-beam 40 yang dibawah H-beam pada ujung dipasang gambangan dari bantalan kayu. disamping kanan kiri jalan KA 2,5m dari as rel kemudian dipasang pikulan melintang dari rel bendel5 dibaut kopel dengan H-bem sebanyak 6 buah dengan jarak 1.2m.
    setahu saya cuma itu untuk persiapan pembuatan box culvert di track raya..

    • dear saudara andi…bgmn dgn metode pelaksanaaan pmasangan box culvert x,,apa dgn di dorongkah..? dan apa perlu di pasangi turap terlebih dahulu sebelum box nya didorong kedalam,,,??

  8. ada yg tau istilah KISDAM???

  9. bolle minta file nya gaaa……?????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s